Saturday, January 9, 2016

FAKTOR PENYEBAB AIR LAUT ASIN


Faktor Penyebab Air Laut Terasa Asin dan Berwarna Biru


Laut
Laut
Guys, ada yang suka ke pantai gak ? bagus ya tempatnya buat santai-satai. Admin paling sering tuh ke pantai. Sering main air laut. Huehehehehe... Ngomong-ngomong masalah laut, kira-kira ada yang tau gak, kenapa laut itu berwarna biru dan rasanya asin ? Itu bukan karena banyak yang pipis sembarangan ya guys. Huehehehehe... Tapi itu bisa di jelaskan secara ilmiah loh. Nah, bagi yang mau tau alasanya yuk langsung saja baca infonya guys.

Mengapa Air Laut Rasanya Asin ?

Sebetulnya rasa asin yang ditimbulkan oleh air laut berasal dari daratan, kronologisnya begini guys... Pada saat terjadinya hujan di daratan, air akan meresap dalam tanah, kemudian sedikit demi sedikit air yang terserap itu akan keluar lagi melalui sungai-sungai dan pada akhirnya mencapai lautan. Nah, pada saat perjalanan menuju ke laut, air yang tadinya berasal dari daratan juga membawa garam-garam mineral sehingga lautan pun di penuhi garam-garam mineral.
Air laut adalah air yang berasal dari laut atau samudera. air laut mengandung kadar garam rata-rata sekitar 3.5%. Artinya dalam 2,5 liter air laut (2500 ml) terdapat 60 gram garam (terutama, tetapi tidak seluruhnya, garam dapur/NaCI).
Walaupun kebanyakan air laut di dunia mengandung kadar garam sekitar 3,5%, air laut juga memiliki kandungan garam yang berbeda-beda. Air laut yang paling tawar ada di timur teluk finlandia dan di utara Teluk Bothnia, kedua teluk tersebut bagian dari Laut Baltik. Sedangkan air laut yang paling asin adalah Laut Merah, itu dikarenakan suhu tinggi dan sirkulasi terbatas dapat menyebabkan penguapan tinggi dan sedikitnya masukan air dari sungai-sungai.
Air laut mengandung kadar garam, itu dikarenakan oleh bumi yang dipenuhi dengan garam mineral yang banyak terdapat dalam batu-batuan dan tanah. Sebagai Contoh natrium, kasium, kalium, dan lain-lain. Apabila air sungai mengalir menuju ke laut, air tesebut akan membawa kandungan garam. Ombak laut yang memukul-mukul pantai juga dapat menghasilkan kandungan garam yang terdapat pada batu - batuan. Dan lama-kelamaan air laut tersebut akan menjadi asin karena banyaknya kandungan garam.

Mengapa Air Laut Berwarna Biru ?

Alasan air laut bisa menjadi warna biru, sebenarnya air tidak memiliki warna. Air hanya menyerap cahaya yang ada dan kemudian merefleksikannya. 
Bisa dikatakan ada 2 proses optik utama pada air laut, dan zat-zat yang terlarut atau tersuspensi dalam air laut, saat air berinteraksi dengan cahaya yang masuk dari matahari. Dua proses akan terjadi, yaitu penyerapan (absorption) dan hamburan (scattering). Dalam atmosfer, alasan utama langit bisa berwarna biru, itu disebabkan oleh banyaknya hamburan cahaya Dilaut, cara air berinteraksi adalah dengan penyerapan sinar/cahaya, Air akan menyerap cahaya merah, dan pada tingkat rendah, air juga menyerap cahaya warna merah, dan pada tingkat lebih remdah lagi, air juga akan menyerap cahaya berwarna hijau dan kuning,hal itu yang menyebabkan warnanya bisa berubah ubah tergantung tempat dan kedalamannya. Warna biru adalah warna yang paling sering di serap oleh air, sehingga air akan nampak berwarna biru. Kesimpulannya, semakin dalam kedalaman laut, maka semakin ia berwarna kebiruan.
Karena cahaya berwarna merah di serap kuat, itu menjadikannya hilang, dan akhirnya cahaya biru terus menembus masuk kedalam. Dari diagram tersebut dapat menjadi alasan kenapa air di dalam bak mandi hanya berwarna putih, hal itu dikarenakan semua cahaya terserap oleh air sehingga membuat warnanya nampak putih bening. Sementara itu, di saat matahari mulai terbenam dan terbit, air laut akan berubah warna dan kelihatan merah di permukaanya, hal itu dikarenakan penyerapan cahaya tersebut.
Warna yang berbeda-beda pada laut, danau dan sungai juga di sebabkan oleh tanaman yang hidup di dasarnya. Tanaman seperti alga yang terdapat pada dasar laut merah, dan endapan yang terdapat di dalam air tersebut. seperti halnya warna coklat yang merupakan endapan yang terbawa dari sungai, sehingga mampu membuat warnanya nampak keruh.
Nah, jadi sudah jelas kan ?. Itulah faktor penyebab air laut rasanya asin dan berwarna biru, Jadi kalian sudah tau penyebabnya, Jika ada teman kalian yang bertanya pertanyaan seperti ini ke kalian, jadinya kalian bisa menjawab pertanyaan dengan mudah deh. huehehehe...

No comments:

Post a Comment